Sejarah Berdirinya Program DIII Kebidanan

 

 
GEDUNG LAMA
GEDUNG BARU

Akademi Kebidanan Muhammadiyah RSIJ FKK UMJ, adalah Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan yang merupakan wadah pendidikan lebih lanjut bagi lulusan dari Sekolah Menengah Umum dari semua jurusan, dan Insya Allah bagi lulusan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) dan lulusan Program DI Kebidanan (PPB).

Lembaga ini bermula dari Sekolah Pengatur Rawat (SPR) yang didirikan oleh Rumah Sakit Islam Jakarta pada tahun 1971, Pendidikan ini terus berkembang, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 113/Kep/Diklat/Kes/81, tanggal 26 Juni 1981 sistem dan nama Pendidikan dari Sekolah Pengatur Rawat (SPR) berubah menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), sampai dengan tahun 1999 telah meluluskan 707 orang tenaga perawat tingkat dasar.

 

Pada tahun 1986, Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Rumah Sakit Islam Jakarta menyelenggarakan Program Pendidikan Bidan (Program Diploma I Kebidanan) baik program Inpres maupun Swadaya, sesuai dengan petunjuk dari Departemen Kesehatan RI dan sampai dengan tahun 1997, telah meluluskan 606 orang tenaga Bidan Diploma I.

 

Mengingat makin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu lulusan, dan sesuai dengan program Pemerintah bahwa tenaga Kebidanan minimal lulusan D III Kebidanan, maka pada tahun 1966 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.006.06.10194 Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Rumah Sakit Islam Jakarta dikonversi menjadi Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah Jakarta dan telah menerima mahasiswa sebanyak 2 angkatan serta telah meluluskan 78 orang.

 

Dalam menghadapi era globalisasi Pendidikan Bidan Diploma I dirasakan kurang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan makin meningkatnya IPTEK, maka sesuai dengan petunjuk Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI dan dalam rangka mempercepat penurunan angka IMR dan MMR Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah Jakarta dikonversi menjadi Akademi Kebidanan Muhammadiyah Jakarta, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.00.06.1.3.02147, tanggal 14 Mei 1998 yang telah diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.00.06.1.3.0503.

 

Dari mulai berdiri tahun 1971 sampai dengan tahun 1999 pengelolaan pendidikan berada pada manajemen Rumah Sakit Islam Jakarta, pada tanggal 17 September 1999 dalam rangka mengembangkan amal usaha Muhammadiyah khususnya bidang pendidikan, manajemen Akademi Kebidanan Muhammadiyah Jakarta diserahkan kepada Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA, hal ini tertuang dalam Surat Keputusan bersama antara Badan Pengurus Yayasan Rumah Sakit Islam Jakarta dengan Rektor Universitas Muhammadiyah  Prof.DR. HAMKA Nomor : 147/C.01.08/99

 Dalam menghadapi era globalisasi Pendidikan Bidan Diploma I dirasakan kurang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan makin meningkatnya IPTEK, maka sesuai dengan petunjuk Kepala Pusat pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI dan dalam rangka mempercepat penurunan angka IMR dan MMR, Akademi Kebidanan  Muhammadiyah Jakarta dikonversi menjadi Akademi Kebidanan Muhammadiyah Jakarta, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK. 006.1.3.02147, tanggal 14 Mei 1998 yang telah diperbaharui dengan Surat Keputusan menteri Kesehatan RI Nomor : HK.00.06.1.3.0503, tanggal 25 Februari 2004.


Sejak berdirinya Akademi Kebidanan Muhammadiyah sesuai dengan misinya  dengan rasa tanggung jawab, selalu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan mutu lulusan dengan peningkatan kualitas serta kuantitas tenaga dosen dan tenaga non dosen dan tentunya sarana dan prasarana. penunjang proses pendidikan.


Akademi Kebidanan Muhammadiyah RSIJ mendapatkan pengakuan akreditasi Pertama dari Pusat Pendidkan Tenaga Kesehatan DepKes RI, berdasarkan SK Kepala Pusat Pendidikan Tenaga kesehatan Departemen kesehatan R.I.Nomor : HK.00.06.2.4.01582 Tanggal 6 Juni 2001. dengan predikat Strata  ( B+ )dengan Nilai 84,45.dan Akreditasi kedua juga dari Pusat Pendidikan Tenaga kesahatan DepKes R.I Nomor :HK.00.03.2.2.02152 Tanggal 18 Oktober 2006.dengan predikat Strata  (B+) dengan Nilai 85,39.
Berdasarkan Peraturan menteri pendidkan Nasioanal Nomor 15 Tahun 2005 Akademi Kebidanan Muhammadiyah RSIJ telah mendapat pengalih Binaan dari Departemen Kesehatan ke Departemen Pendidikan Nasional NO; 128/D/O/2006 yang dikeluarkan  pada tanggal 26 September 2006 dengan Pejabat Penandatanganan SK Pemberian ijin Pengalihan Pembinaan  adalah  Atas Nama Mentri Pendidikan Nasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Satriyo Soemantri Brojonegoro NIP. 130 889 802,


Berdasarkan SK  pendiriannya, seluruh aktivitas pembelajaran dilaksanakan di kampus Cempaka Putih yang terletak di jalan cempaka putih tengah I/I Jakarta Pusat, Telepon/ Fax  (021) 4216417, website www.akbidrsij.ac.id dan Emai : kebidanan@fkkumj.ac.id


Dalam perkembangannya, dimana tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan dibidang Kebidanan semakin tinggi,  perkembangan IPTEK semakin maju dan cepat sehingga Akademi Kebidanan Muhammadiyah RSIJ merasa tertantang untuk membenah diri dengan cara melakukan berbagai analisa SWOT. Berdasarkan hasil analisis tersebut dan dalam rangka menjawab tuntutan dan konsistensi dalam pengembangan tenaga Kebidanan, mulai dipikirkan untuk dapat masuk dalam suatu lembaga pendidikan tinggi.


Berdasarkan pemikiran tersebut, maka pada tanggal 17 Desember 2007 pembinaan akademik Akademi Kebidanan Muhammadiyah RSIJ telah diserah terimakan dari Badan Pengurus Harian Rumah Sakit Islam Jakarta kepada Universitas Muhammadiyah Jakarta dan menjadi salah satu Program Studi di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta yaitu Program Studi (PS) D-III Kebidanan RSIJ Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta dibawah pengelolaan dan pembinaan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta.